Apakah Madu Dapat Menyembuhkan Sariawan?

Posted on

Didalam dunia medis sariawan disebut dengan istilah stomatitis aftosa atau canker  sore yaitu sebuah luka yang ada didalam mulut yang bisa menyebabkan rasa sakit serta rasa tidak nyaman. Luka tersebut dapat berbentuk oval maupun bulat, dan memiliki warna putih ataupun kuning pada pinggirannya yang berwarna merah yang disebabkan oleh peradangan.

Gambar Madu Untuk Sariawan

Umumnya sariawan muncul pada bagian dalam pipi, bibir, dan di permukaan gusi serta lidah serta jumlahnya bisa satu atau lebih

Sariawan bukan tipe penyakit yang bisa menular ke orang lain. Akan tetapi, pada beberapa kasus luka sariawan dapat saja diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri. Keadaan ini umumnya terjadi kepada anak-anak, seperti pada kasus penyakit tangan, kaki dan mulut.  Penyakit sariawan sering terjadi pda remaja dengan usia 10 tahun sampai 19 tahun disebabkan karena tidak menjaga kebersihan mulut secara benar atau terdapat kerusakan di selaput lendir rongga mulut. Penyakit sariawan yang timbul umumnya tidak parah serta bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan medis appapun dalam rentang waktu satu hingga dua minggu.

Penyebab Timbulnya Sariawan

Beberapa penyebab timbulnya sariawan antara lain:

  • Kondisi medis dalam hal ini termasuk kurangnya zat besi atau vitamin B12, penyakit Crohn, celiac, artritis reaktif, melemahnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh penyakit misal HIV atau lupus, penyakit behcet serta infeksi virus seperti pilek.
  • Luka atau terjadi kerusakan didalam lapisan mulut. Hal ini disebabkan bibir tergigit secara tak sengaja, gigi yang tajam, menggunakan kawat gigi, maupun mengunyah makanan yang terlalu keras.
  • Efek samping dari suatu obat atau pengobatan,contohnya nicroandil, penghambat beta, kemoterapi  serta radioterapi.
  • Perubahan Hormon. Keadaan ini umumnya terjadi pada perempuan yang  sedang mengalami menstruasi.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, contohnya  makanan yang terlalu pedas atau kopi.
  • Memakai pasta gigi yang didalamnya terkandung natrium lauret sulfat
  • Berhenti merokok.  Bagi orang yang sedang berusaha untuk berhenti merokok, maka  biasanya  sariawan timbul pada awal-awal proses.
  • Keadaan Psikologi, misal stress dan gelisah

 

Cara Mencegah Sariawan

Sariawan bisa dicegah dengan langkah-langkah yang mudah yaitu:

  • Selalu menjaga kebersihan mulut dengan cara rajin sikat gigi dan berkumur
  • Merawat serta rutin memeriksakan keadaan mulut serta gigi ke dokter gigi
  • Apabila anda sedang menderita masalah kesehatan seperti HIV atau diabetes yang bisa mengganggu keseimbangn bakteri, segera diobati atau disembuhkan.
  • Jangan terlalu sering memakai obat kumur ataupun pewangi mulut supaya tidak merusak ekosistem bakteri normal didalam mulut
  • Mengurangi  konsumsi makanan yang mengandung tinggi gula serta makanan yang terbuat dari ragi
  • Apabila anda memakai gigi palsu,  gigi tersebut harus dirawat serta dibersihkan setiap malam dengan cara direndam air campur tablet pembersih gigi palsu
  • Berhenti merokok
  • Rajin membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus  gigi secara rutin dan teratur.

 

 

Benarkah Madu Bisa Menyembuhkan Sariawan?

Meskipun tidak sampai membahayakan nyawa namun sariawan bisa sangat menganggu dan menyakitkan. Hal ini diperparah dengan lokasi timbulnya penyakit tersebut didalam mulut yang dapat menurunkan nafsu makan serta mempengaruhi kesehatan, apalagi pada anak-anak.

Walaupun sariawan akan hilang dengan sendiri dalam jangka waktu 7 hingga 14 hari, namun  jika bisa diobati lebih cepat maka akan lebih baik. Salah satu obat alami untuk sariawan yang terbukti efektif adalah Madu.

Berdasarkan penelitian terbaru dari Quintessence Internationalmadu asli mempunyai efek yang sama aman dan efektifnya dengan salep korikosteroid yang sering dipakai untuk mengobati sariawan.

Didalam madu terkandung suatu zat yang bersifat anti radang, anti infeksi, dan anti inflamasi membuat sangat cocok sekali sebagai obat alami sekaligus pertolongan pertama pada saat proses penyembuhan luka. Berdasarkan beberapa laporan menyatakan jika luka dapat dua kali lebih cepat sembuh dengan mengoleskan madu.

Proprolis merupakan  merupakan salah satu komponen yang ada didalam madu adalah suatu zat yang memiliki sifat antibakteri, selain itu madu memiliki kemampuan dalam merangsang regenerasi jaringan sebab didalamnya terkandung beberapa nutrisi seperti asam amino, vitamin, mineral dan glukosa.

Dilansir dari Kompas.com, pada suatu studi di Arab Saudi, peneliti secara random membagi 94 subjek dengan 180 sariawan menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diberikan madu  untuk dipakai sebagai penghilang sariawan, kelompok dua diberikan sebuah kortikosteroid topikal serta kelompok terakhir diberikan pengobatan Orabase yaitu suatu pasta yang dioleskan ke bagian yang sariawan serta berfungsi sebagai pelindung.

Semua subjek diberitahu untuk membersihkan sariawan menggunakan kapas serta secara rutin dan teratur menerapkan pengobatan sesuai dengan yang diinstruksikan selama delapan hari sesudah makan.  Apabila sariawan sudah sembuh sebelum delapan hari, penggunaan harus dihentikan. Mereka diinstruksikan untuk merekam tingkat rasa sakit serta berbagai reaksi ke dalam suatu jurnal, sedangkan para penliti mengevaluasi ukuran serta tingkat pradangan di dalam kantor selama penelitian.

Hasil akhirnya, orang yang memakai madu sebagai penyembuhan, hanya merasakan sakit selama satu hari (umumnya 3-5hari), kemudian ukuran luka juga semakin mengecil lebih cepat dari bisnaya, serta peradangan lebih cepat sembuh apabila dibandingkan dengan yang memakai pengobatan lain. Sehingga para peneliti menyatakan jika madu merupakan contoh obat alami yang efektif untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

 

 

Cara Mengolah Madu Untuk Menyembuhkan Sariawan

  • Dioleskan secara langsung pada bagian yang terkena sariawan atau mengalami luka (bibir pecah-pecah). Untuk sariawan yang disebabkan oleh tergigit, luka di bibir ataupun bibir pecah-pecah cukup dengan mengoleskan madu di bagian yang terluka selama kurang lebih 20 menit. Sensasi  perih akan terasa sangat menyakitkan namun akan hilang secara berangsur-angsur.

 

  • Diminum secara langsung apabila terjadi sariawan di tenggorokan. Apabila tenggorokan sakit dan terdapat bintik-bintik putih yang disebabkan oleh sariawan, maka untuk menyembuhkan adalah dengan cara  mencampurkan madu dengan air hangat (bukan air panas) kemudian diminum.

 

  • Obat Kumur dengan madu hitam. Apabila sariawan yang timbul ada pada bagian di gusi, di dalam lapisan pipi atau diatas mulut, bisa memakai madu hitam yang rasa pahit untuk mempercepat proses penyembuhan. Walaupun rasanya tidak enak di mulut namun manfaat madu hitam pahit lebih banyak dibandingkan madu manis pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.