7+ Manfaat Madu Untuk Rambut

Posted on

Rambut rontok bisa dikatakan masalah untuk semua orang. Entah itu pria ataupun wanita tidak bisa terhindari dari masalah rambut yang satu ini. Anda bisa melihat banyaknya pria yang menderita kebotakan pada saat dewasa ataupun paruh baya. Ada banyak penyebab rontoknya rambut yaitu kulit kepala kering, ketombe parah,  kesehatan tubuh yang sedang terganggu, memakai produk perawatan rambut yang salah, efek samping dari obat-obatan kimia maupun terapi medis seperti kemoterapi, dan ain sebagainya. Untuk mengatasi berbagai masalah rambut, anda tidak harus memakai obat-obatan berbahan kimia.  Salah satu obat-obatan alami untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut adalah madu.

Gambar Madu Untuk Rambut

Selama ini kita mengetahui madu hanya  sebagai makanan super (super food) yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Madu adalahcairan seperti sirup namun lebih kental. Rasa manis madu ini berasal dari nektar bunga yang dihisap oleh lebah. Sehingga madu kerapkali dijadikan sebagai campuran bahan makanan maupun minuman. Nyatanya, madu tidak hanya bagus untuk dikonsumsi setiap hari namun juga bisa untuk merawat beberapa bagian tubuh kita seperti rambut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk shampo yang memakai madu sebagai campuran utamanya. Didalam madu terkandung nutrisi yang sangat banyak dan beragam yaitu vitamin,protein, anti oksidan alami, anti bakteri, antiseptik dan lain sebagainya. Maka tidak mengherankan apabila bahan ini digunakan sebagai cara alami untuk merawat rambut dan kulit kepala.

 

 

Manfaat Madu Untuk Rambut

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang  bisa dikatakan unik. Selain karena tidak dialiri darah, kita dapat menyaksikan terus rambut tubuh semakin panjang dn lebat atau sebaliknya rusak dan hilang. Rambut tidak hanya sekedar aksesoris  atau pelengkap saja. Rambut mempunyai peranan yang cukup penting untuk melindungi kepala dari berbagai macam gangguan contoh sinar matahari, kotoran, dan lain sebagainya. Apabila tidak dirawat dengan benar, maka rambutakan mengalami berbagai permasalahan seperti ketombe, rontok, kotor, berubah warna, rambut keriting, bercabang atau rusak, kusam, lepek dan berminyak, bau dan mudah terserang kutu.

Selain menggunakan shampo  atau obat perawat rambut kimia, anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang tidak memiliki efek samping dalam merawat rambut, salah satunya adalah madu. Berikut ini manfaat madu untuk rambut yang perlu anda ketahui:

 

  1. Meminimalisir kerontokan rambut secara efektif

Memakai madu yang didalamnya terkandung berbagai macam nutrisi untuk kulit kepala dipercaya dapat mengurangi kerontokan rambut sehingga anda dapat terhindar dari kebotakan permanen. Dengan penggunakan secara teratur kemudian dicampur dengan memakai berbagai macam bahan alami sangat efektif dalam mencegah terjadi kerontokan.

  1. Mengatasi ketombe

Ketombe yang menyerang  kulit kepala adalah salatu alasan mengapa rambut dapat rontok. Dengan mengoleskan madu pada rambut secara teratur dapat membantu menhilangkan ketombe sehingga jumlah rambut yang rontok juga akan berkurang.

  1. Membasmi aktivitas mikroba di kulit kepala

Penyebab lain dari rontoknya rambut adalah banyaknya mahluk asing di kulit kepala sehingga untuk perlu segera diatasi. Gunakan campuran madu dengan minyak essensial seperti rosemary, tea tree, nilan, jojoba dan lain-lain untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini.

  1. Melembabkan rambut

Zat lilin didalam madu memiliki khasiat untuk melembabkan rambut sehingga rambut tidak mengalami kekeringan dan terhindari dari kerontokan. Penggunaan secara teratur dapat menjaga kelembaban rambut secara alami.

  1. Sebagai sumber energi yang mudah diserap

Penyebab kerontokan lain pada rambut adala kondisi tubuh yang sedang tidak fit atau sedang dalam masa pemulihan. Untuk itu direkomendasikan meminum madu untuk menambah dan mengembalikan energi yang hilang selama sakit. Dengan meningkatnya kesehatan tubuh, maka kekuatan rambut juga akan ikut bertambah.

  1. Membantu pertumbuhan rambut

Kandungan emolien yang terkandung didalam madu sangat bagus untuk kesehatan folikel rambut. Pemakaian madu secara teratur dapat membantu proses pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi lebat kembali.

  1. Mencegah timbulnya psoriasis pada kulit kepala

Sifat antibakteri dan anti inflamasi didalam madu dapat mencegah terjadinya psoriasis atau peradangan menahun di kulit kepala sehingga akan muncul ruam, pengelupasan serta kulit terasa kering dan bersisik. Kondisi ini membuat penderitanya sering menggaruk kulit kepala sehingga mengakibatkan rambut rontok.

  1. Menguatkan rambut dari akarnya

Dengan rajin meminum madu, selain dapat menyehatkan tubuh, secara tidak langsung anda memberikan asupan bergizi kepada rambut terutama akarnya sehingga rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

 

 

Cara Menggunakan Madu Untuk Mengatasi Permasalahan Rambut

Beda masalah beda pula cara penggunaannya.   Cara mengatasi rambut rontok tentu tidak akan sama dengan yang mengalami kebotakan permanen. Untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut dengan madu berikut panduan lengkapnya:

Cara Menggunakan Madu untuk Tumbuhkan Rambut

Madu dapat dipakai untuk menumbuhkan rambut, sehingg apabila anda sedang mengalami kebotakan maka sangat disarankan mencoba cara ini. Caranya sangat sederhana yaitu dengan keramas secara rutin dan teratur memakai madu dan membuatnya menjadi masker. Manfaat masker madu untuk rambut yaitu dapat memberikan nutrisi kepada kulit rambut sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. Cara membuat masker madu  bisa dicampur dengan air atau dapat dicampur dengan minyak zaitun berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama siapkan sebuah wadah bersih
  2. Campurkan dua sendok makan madu dengan tiga sendok minyak zaitun, kemudian aduk hingga merata
  3. Setelah selesai di aduk, maka anda bisa langsung mengoleskan ramuan tadi rambut dan kulit kepala anda.
  4. Pijat secaraperlahan supaaya masker ini merseap kedalam rambut dan kulit kepala
  5. Diamkan selama kurang lebih 20 hingga 30menit sampai masker benar-benar merasap secara sempurna
  6. Setelah selesai, bilas rambut memakai air hangat sampai bersih.
  7. Agar hasil yang didapat maksimal maka rutin pakai minimal seminggu sekali.

Jika anda tidak memiliki minyak zaitun, ada dapat membuat masker madu memakai air. Caranya yaitu campurkan ½ liter dengan 5 sendok makan madu kemudian aduk sampai air dan madu menyatu secara sempurna. Oleskan ramuan tadi selama ke kulit kepala anda secara merata pijat secara perlahan. Diamkan 20 hingga 30menit kemudian bilas dengan air bersih. Metode lainnya yaitu keramas menggunakan madu. Caranya campurkan shampo secukupnya dengan satu sendok makan madu. Keramaslah memakai  campuran shampo tadi. Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu.

 

Cara Menggunakan Madu Untuk Rambut Kering

Beberapa penyebab rambut kering antara lain faktor lingkungan, pemakaian alat elektronik seperti hair dryer atau catok, produk perawatan yang tidak sesuai, kurangnya vitamin dan nutrisi, dan cara merawat rambut yang salah. Oleh sebab itu, guna mengatasinya kita dapat memakai madu. Cara memakai madu untuk rambut yang kering sangat mudah yakni membuat masker  madu dari bahan herbal seperti minyak zaitun, cuka apel atau alpukat. Jika ingin memakai campuan dengan minyak zaitun, anda bisa melakukan seperti  cara sebelumnya. Dengan pengecualian apabila anda memakai bahan selain minyak zaitun, yaitu:

  • Apabila ingin memakai cuka apel maka anda bisa campurkan dua sendok makan madu, dua  gelas air putih dan setengah sendok teh cuka apel.
  • Jika anda ingin menggunakan alpukat, maka caranya, buah alpukat yang sudah matang dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampur madu secukupnya.
  • Cara memakai masker madu ini sama seperti sebelumnya yaitu bersihkan dahulu rambut dengan air bersih kemudian oleskan msker ke semua bagian rambut serta kulit kepala, pijat selama 15 menit.
  • Langkah terakhir adalah diamkan selama kurang lebih 30menit, kemudian dibilas memakai air sampai bersih. Biarkan kering dengan sendirinya. Untuk hasil yang maksimal lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

 

Cara Menggunakan Madu Untuk Rambut Rontok

Penyebab timbulnya pitak dikepala salah satunya yaitu disebabkan mengalami kerontokan rambut. Oleh sebab itu harus segera diatasi permasalahan rontoknya rambut ini. Salah satu caranya adalah memakai madu yang dibuat menjadi masker dengan mencampurkannya menggnakan bahan-bahan alami lainnya seperti jeruk lemon, minyak jojoba, fenugreek, daun kembang sepatu, dan lain sebagainya.

Apabila sudah dicampurkan sesuai dengan takaran yang ditubuhkan, pakai masker alami ini seperti pada cara sebelumnya.  Apabila hanya mengandalkan campuran madu ini maka hasilnya tidak akan maksimal, untuk merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat lagi, anda dapat memakai minyak kemiri.

 

Cara Menggunakan Madu Untuk Rambut Rusak

Madu juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalaham rambut rusak dan pecah-pecah. Caranya sama seperti sebelumnya yaitu dijadikan masker, hanya saja bahannya saja yang berbeda yaitu dengan memakai putih telur.

Cara membuatnya cukup sederhana yaitu dengan mencapurkan 3 sendok makan madu ditambah satu butir putih telur diaduk hingga merata. Oleskan ke kulit kepala kemudian pijat secara perlahan supaya masker meresap. Diamkan selama 30menit kemudian bilas dengan air bersih. Untuk menghilangkan bau amis dari telur, anda bisa keramas memakai shampo.

 

Cara Menggunakan Madu untuk Rambut Sehat dan Bersinar

Beberapa penyebab rambut kusam antara lain sering terkena sinar matahari, sering terpapar debu dan kotoran di jalan raya, sampai jarang melakukan keramas. Oleh sebab itu, untuk menjaga supaya rambut tetap sehat dan bersinar maka  harus dilakukan keramas secara teratur, terutama jika kondisi rambut anda sering terkena polisi dan mudah berminyak. Manfaat keramas menggunakan madu dapat membuat rambut anda nampak segar, sehat, tidak kusam dan berkilau. Caranya  yaitu dengan keramas memakai madu dan shampo. Supaya hasil yang maksimal maka 2 sampai 3 kali dalam seminggu harus berkeramas memakai  campuran madu dan shampo.

 

Nah demikian ulasan tentang manfaat madu untuk rambut yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *