✔ 6 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Posted on

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil – Saat kedua pasangan suami istri melangsungkan pernikahan, maka hal pertama yang mereka dambakan adalah hadirnya sang buah hati di tengah-tengah keluarga. Dan sudah barang tentu sang istri harus melewati masa-masa kehamilan yang tidak singkat. Selama 9 bulan seorang wanita bakal hidup bersama dengan janin yang ada dalam kandungannya.

Gambar MAnfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Oleh karena itu, pola makan menjadi hal yang sangat penting, sebab seorang wanita hamil tidak lagi akan menikmati gizi yang terdapat dalam makanan yang ia konsumsi sendiri, melainkan ada janin dalam rahimnya yang juga akan ikut menyerap nilai-nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi olehnya. Bagi wanita hamil yang baru saja menikah, tentu hal ini merupakan sesuatu yang baru baginya. Akan ada banyak sekali kebingungan yang bakal melanda seorang wanita yang baru hamil pertama kali. Terutama pada pemilihan makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Hal ini menjadi wajar sebab setiap ibu hamil tentu menginginkan jabang bayi dalam rahimnya tumbuh dan berkembang dengan baik.

Banyak sekali makanan yang mengandung nutrisi dan gizi tinggi, tetapi jangan salah memilih. Sebab, ada beberapa jenis makanan bergizi tinggi justru tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Nah, salah satu jenis makanan yang direkomendasikan oleh ahli untuk dikonsumsi selama masa kehamilan ialah madu. Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil memang sangat beragam. Madu yang diketahui mengandung cairan semi lilin yang dihasilkan oleh lebah dipercaya memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat guna menunjang kesehatan ibu dan buah hati selama masa kehamilan. Dan berikut ulasan mengenai Khasiat Madu Untuk Ibu Hamil yang bisa anda jadikan referensi untuk mengatur Pola Makan Selama Kehamilan.

APA MANFAAT MADU UNTUK IBU HAMIL?

Sebetulnya memang tak ada ahli yang melarang mengonsumsi madu untuk ibu hamil, bahkan beberapa pakar di bidang kesehatan justru menyarankan mengonsumsi madu. Sebab pada dasarnya seorang wanita hamil memiliki kebutuhan kalori yang tidak sedikit. Hal ini terjadi karena pada saat masa kehamilan terjadi peningkatan kebutuhan kalori serta beberapa nutrisi lainnya pada ibu hamil, sehingga seorang wanita hamil diharuskan mengonsumsi asupan makanan yang bernutrisi tinggi. Dan madu dapat menjadi pilihan terbaik karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Dan mari simak 6 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil berikut ini.

  1. SEBAGAI SUMBER KALORI UTAMA

Madu merupakan jenis asupan herbal yang di dalamnya terdapat zat sukrosa, sejenis glukosa yang dapat menimbulkan rasa manis namun lebih aman. Di dalamnya juga banyak kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin B kompleks, karbohidrat kompleks, dan zat besi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan ibu hamil.

Sukrosa sendiri dapat menjadi sumber energi yang jauh lebih sehat. Sementara vitamin B kompleks dapat menjadi stimulan penting dalam proses metabolisme, dan zat besi bisa membantu mengalirkan oksigen dan zat-zat lainnya menuju sel dalam tubuh secara sempurna.

  1. MENINGKATKAN IMUNITAS IBU

Madu memang dikenal sebagai salah satu asupan penting yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari bahkan oleh orang biasa sekalipun. Hal ini disebabkan karena madu mengandung nutrisi dan zat-zat lainnya yang dapat membantu mengingkatkan imunitas tubuh.

  1. MEMBANTU MENGURANGI RASA MUAL DAN PERUT PANAS

Ibu hamil seringkali mempunyai masalah dengan keadaan hormonal mereka. Meningkatnya Hormon HCG pada ibu hamil dapat memicu munculnya rasa mual dan begah pada perut sehingga mengakibatkan perut kembung.

Madu yang memiliki kandungan vitamin B dapat membantu memberikan stimulus berupa relaksasi yang bisa membantu mengontrol hipotalamus pada otak. Hal ini bisa menjaga titik keseimbangan dalam otak sekaligus mengendalikan rasa mual akibat meningkatnya hormon HCG tadi. Madu juga mempunyai sifat anti inflamasi dan astringent yang dapat meredakan panas dalam lambung akibat infeksi ringan.

  1. MEMBANTU MENGURANGI STRESS DAN INSOMNIA

Akibat berkurangnya hormon serotonin pada ibu hamil mengakibatkan mereka cenderung mengalami stres disertai dengan insomnia. Nah, untuk membantu tubuh memproduksi hormon tersebut, madu bisa menjadi pilihan karena mengandung senyawa unik tryptophan. Kemudian, saat hormon serotonin tersebut dapat diproduksi oleh tubuh, maka akan memberikan efek menenagkan dan nyaman pada ibu hamil, yang selanjutnya dapat membantu ibu hamil untuk lebih mudah tidur dengan nyenyak. Tak hanya itu, hormon serotonin juga bakal memicu produksi hormon kortisol dalam tubuh yang memicu rasa lapar. Akibatnya, seorang ibu hamil dapat terbantu dalam hal mengontrol pola makannya.

  1. MEMBANTU MENCEGAH MASALAH KRAM DAN PEMBENGKAKAN KAKI

Beberapa ibu hamil, terutama pada kehamilan pertamanya, seringkali mengeluhkan masalah pada kaki yang mengalami pembengkakan serta kondisi kaki yang mudah kram saat mulai menginjak masa kehamilan di trimester ketiga. Hal ini disebabkan karena ukuran perut yang tak lagi seperti biasanya dan mengakibatkan sirkulasi darah yang menuju kaki tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dengan mengonsumsi madu yang kaya akan vitamin B, natrium, kalium, serta magnesium akan membantu tubuh mengatasi kondisi semacam ini. Nutrisi tersebut dapat memicu kembalinya kondisi sirkulasi darah dan cairan di seluruh bagian tubuh, termasuk kaki.

  1. MEMBANTU MENCEGAH HIPERTENSI

Pada beberapa kasus ibu hamil terkadang ada yang beresiko mengalami hipertensi, maka salah satu cara alami guna mengontrol tekanan darah ialah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kalium tinggi. Oleh karena itu, madu yang memang memiliki kadar kalium tinggi yang disertai fosfor dan magnesium di dalamnya dapat menjadi pilihan untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa madu aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan tak hanya untuk ibu, Manfaat Madu Untuk Janin dan perkembangannya di dalam rahim juga dapat menjadi pertimbangan untuk mengonsumsinya. Hanya saja, alangkah lebih baik bila Anda memilih madu yang berkualitas dengan jenis yang sudah melalui proses sterilisasi dan pasteurisasi. Sebab, jenis madu murni yang masih mentah beresiko mengandung kadar bakteri seperti clostridium botulinum yang justru berbahaya bagi anda dan buah hati.

Namun demikian, tak semua madu baik bagi kehamilan. Anda harus jeli dan memahami Cara Membedakan Madu Asli Dan Madu Palsu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab dewasa ini banyak oknum-oknum tak bertanggung jawab yang dengan wajah tanpa dosa mereka Jual Madu yang tidak higienis. Oleh karenanya, kita sebagai konsumen sudah seyogyanya dapat membeli dengan bijak.

Karena meskipun ada banyak sekali Khasiat Madu Bagi Ibu Hamil, anda tetap harus memerhatikan kandungan tambahan yang mungkin ada dalam madu yang anda beli. Tak sedikit madu yang beredar di pasaran saat ini yang banyak mengandung pemanis buatan serta mengandung zat-zat berbahaya lainnya. Oleh sebab itulah anda yang harus lebih bijak dalam membeli jenis makanan dan minuman apapun, lebih-lebih jika sengaja untuk dikonsumsi saat masa kehamilan.

Nah, untuk memaksimalkan semua manfaat madu tersebut, sebaiknya anda hindari mengonsumsi madu bersamaan dengan obat-obatan herbal lainnya. Karena bisa jadi bukannya malah mendapatkan manfaat, justru bakal timbul efek yang kontradiksi terhadap kehamilan anda.

Demikian ulasan singkat mengenai Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil khusus bagi anda para ibu hamil yang ingin janin dalam rahim anda tumbuh dan berkembang dengan baik. Ingat selalu untuk menjaga pola makan selama masa kehamilan agar kesehatan anda dan juga janin anda tetap terjaga. Sebab asupan yang diterima oleh janin dalam rahim anda bergantung pada apa yang anda makan. Oleh karenannya konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi selama masa kehamilan anda. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.